Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menganal Tekanan darah tinggi dan penyebabnya

Mengenal Tekanan darah tinggi atau dalam istilah medis di sebut dengan hipertensi. hipertensi merupakan peningakatan tekana darah sistolik minimalnya 140 mmhg atau tekanan diastolik minimal 90 mmhg. darah tinggi dalam istilah awamnya tidak hanya berisko pada penderita penyakit jantung saja, namun masih banyak penyakit lain yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi misalnya, penyakit ginjal, saraf. kadang banyak masyarakat sekitar mengidap peyakit ini, namun di lalaikan saja, padahal penyakit ini sebenarnya mempunyai efek yang sangat berbahaya. 

www.rumahealth.com


penyabab dari hipertensi di bagi menjadi dua bagian yaitu hipertensi esensial dan hipertensi sekunder. di sebut dengan hipertensi esensial adalah karna tidak di ketahu peneybabnya, sedangkan faktor yang mempengaruinya dapat berupa faktor genetik, lingkungan, hiperaktifnya saraf simpatis sistem renin. namun ada juga faktor yang menyebabkan resiko misalnya obesitas, merokok, alkohol dan polistemia dan sebagainya. faktor ini yang sering, sehingga mengakibatkan banyak orang mempunyai riwayat hipertensi atau darah tinggi.

sedangkan untuk penyebab  hipertesni sekunder di sebabkan oleh penggunaan estrogen, penyakit ginjal, sindrom chasing, dan hipertensi yang berkiatan dengan kehamilan.

untuk hipertensi pada usia lanjut dapat di bedakan dengan adanya hipertensi dimana tekanan sistolik sama atau kadang lebih besar dari 150 mmhg dan atau tekanan diastolik sama atau lebih besar dari 90 mmhg. dan juga dapat di bedakan untuk usia lanjut yaitu hipertensi sistolik terisolasi dimana tekanan sistolik leh rendah dari 90 mmhg.

Tanda Gejala dari Tekanan darah tinggi sebagai berikut :

Mengeluh pusing, sakit kepala
lemas, kelelahan,
gelisah. sesak nafas, mual muntah,
kesadaran menurun.

Planing bagi penderita hipertensi atau darah tinggi ?

berhentilah untuk tidak merokok lagi,
rubah gaya pola hidup sehat,
kendalikan pikiran jangan sampai stress,
jangan mengkomsumsi alkohol,
diet garam, 
periksa tekanan darah secara teratur.

jika dari sobat ada yang menderita darah tinggi bisa lakukan planning di atas, jika masih belum ada perubahan silahkan bawa ke dokter terdekat, dan jelaskan keluhan sobat secara detail. 

Post a Comment for "Menganal Tekanan darah tinggi dan penyebabnya "