Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Penyakit Biduran dan Penyebabnya

Rumahealth.com - Kali ini saya akan mengenalkan masalah kesehatan yang sering ada di masyarakat sekitar, tentang Mengenal Penyakit Biduran dan Penyebabnya. Penyakit ini muculnya secara tiba-tiba. penyakit tersebut ada hubungannya dengan kulit, dalam istilah medis di sebut dengan urtikaria atau dalam bahasa yang lebih di kenal di lingkungan kita di sebut dengan Biduran.

Apa Itu biduran ? sobat harus mengenal jenis penyakit ini, agar bisa mengerti penyebab timbulnya. jadi pertama sobat haru mengenalnya dari sisi pengertian, penyebab, tanda gejala saat terkena dan pengobatannya.

www.rumahealth.com
Biduran merupakan reaksi dari kulit yang menyababkan munculnya bilur berwarna kemerahan atau kadang putih dan akan terasa gatal. bilur ini muncul hanya satu tempat saja, namun disisi lain bilur ini bisa menyebar luas ke semua permukan atau daerah-daerah kulit pada tubuh. misal timbul di bagian lengan tangan, di lengan tangan tampak bilur kemerahan dan terasa gatal jika di sentuh dan di garuk maka akan menyebar ke daerah lain, yang asalnya di lengan bisa ke leher, bahu dan bahkan ke seluruh tubuh. namun untuk ukuran dan bentuk bilurnya bisa berbeda-beda, kadang ada yang besar dan yang kecil, menumpuk .

Bilur atau ruam yang berada di kulit yang terkena bisa terasa gatal, namun juga bisa perih dan terasa meyengat. gejala biduran bisa bertahan berjam-jam bahkan bisa beberapa hari ke depan masih saja biduran. orang yang memiliki riwayat alergi bisa memicu atau berisko untuk mengalami biduran.



Penyebab Biduran itu Apa sebenarnya ?

timbulnya biduran pada kulit ini dapat di sebab kan tingginya kadar histamin yang di lepas ke kulit. histamin dapat menyebabkan pembuluh darah mejadi rileks dan melebar sehingga aliran pu meningkat.dengan banyak aliran darah di bawah permukaan kulit maka dapat memicu kemerahan. kelebihan cairan ini jugalah yang menyebabkan pembengakan pada kulit dan terasa gatal bahkan bisa perih dan menyengat. sesuai yang sudah di jelaskan pada difinisi di atas.

Ada beberapa faktor lain yang memicu timbulya biduran :


  • Terjadi kontak dengan penderita atau penyebab alergi, misal pada bulu binatang,
  • Makanan juga dapat memicu timbulnya biduran yang paling umu ialah kacang, coklat, susu, gandum.
  • Obat-obatan bisa juga menyebabkan biduran ini, misal jenis obat antibiotik, aspirin, dan obat anti darah tinggi,I
  • Infeksi seperti penyakit kuning dan demam kelenjar.
  • Gigitan serangga juga memicu terjadinya biduran,
  • Faktor lingkungan juga memicu terjadinya biduran seperti pajanan pada cuaca panas, ataupun dingin.
  • Faktor psikologi seperti stress

Tanda Gejala Biduran ?

biduran yang muncul biasanya terasa sangat gatal dan bentuk ukuran berbeda-beda. biudaran ini bisa menghilang di satu daerah kulit dan kadang uncul lagi di bagian yang lain. namun setelah biduran menghilang kulit kita akan kembali normal seperti biasanya.biduran secara umum akan kembali normal dan hilang dalam masa waktu dua hari. ada beberapa faktor pemicu yang membuat biduran semakin buruk misal kondisi stres, kafein, minuman keras, dan suhu udara yang panas juga dapat mempengarui biduran semakin memuruk.

Demikian penjelasan sekilas terkait penyakit biduran untuk pengobatanya bisa di baca ini " Pengobatan Biduran

Post a Comment for "Mengenal Penyakit Biduran dan Penyebabnya "