Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Vaksin Sinovac 1,2 juta dosis tiba : Lantas Siapa yang pertama kali divaksin ?

Sekitar 1,2 juta dosis vaksin COVID-19 buatan Sinovac tiba di Indonesia pada hari Minggu (6/12/2020) kemarin. Presiden Jokowi mengatakan untuk ke depannya masih ada lagi jutaan dosis vaksin yang akan didatangkan lagi baik dalam bentuk jadi maupun bahan baku.

Presiden mengatakan program vaksinasi untuk mencegah wabah COVID-19 dapat segera dilakukan. Akan tetapi kapan dimulainya masih menunggu proses izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Artinya  bisa segera mencegah meluasnya wabah COVID-19. Tapi untuk memulai vaksinasi masih memerlukan tahapan-tahapan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan, sesuai prosedur yang sudah ada," kata Jokowi lewat konferensi pers yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden.

www.rumahealth.com


Lantas Siapa yang pertama kali divaksin? " ini pertanyaan bagi anda ?

Dalam wawancara khusus dengan Rosiana Silalahi untuk program di Kompas TV, Presiden pernah mengaku siap jadi orang pertama yang mendapat suntikan vaksin tersebut.


"Ya kalau saya ditentukan tim bahwa presiden yang pertama (divaksin) saya siap. Tapi jangan sampai nanti (ada anggapan) 'lho enak sekali presiden yang pertama harusnya rakyat dulu'," cetusnya.


Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, sempat membeberkan vaksin akan pertama kali diberikan pada kelompok masyarakat tertentu. Kelompok pertama adalah tenaga medis, layanan kesehatan, TNI/Polri, dan aparat hukum yang diperkirakan butuh sekitar 3,5 juta dosis vaksin.


Selanjutnya tokoh masyarakat, tokoh agama, perangkat daerah, yang jumlahnya sekitar 5 juta orang. Setelah itu disusul oleh tenaga pendidik yang terdiri dari guru PAUD, TK, SD, SMP, SMA, dan dosen perguruan tinggi swasta maupun negeri dengan total 4,3 juta dosis.


"Aparat pemerintah pusat, daerah, legislatif, 2,3 juta (dosis). Penerima bantuan pembayaran iuran BPJS yang jumlahnya sebesar 96 juta. Semuanya itu totalnya 102 juta dan masyarakat yang usia 15 sampai 59 tahun, totalnya ada 160 juta," jelas Airlangga beberapa waktu lalu.



Post a Comment for "Vaksin Sinovac 1,2 juta dosis tiba : Lantas Siapa yang pertama kali divaksin ?"