Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Asma dan Jenisnya

Rumahealth.com - Mengenal Asma dan Jenisnya . Asma merupakan salah satu jenis penyakit pada sistem pernafasan, jika di definiskan asma adalah keaadaan saluran pernfasan mengalami gangguan penyempitan karna hiperaktif terhadap rangsangan, sehingga menyebabkan peradangan. saah satu penyebab terjadinya asma anara lain di sebabkan oleh umur, jenis kelamin, faktor keturunan dan dapat juga di sebabkan oleh faktor lingkungan yang kurang baik. Dalam dunia kesehatan asma di klasifiksikan menjadi dua bagian yaitu Asma bronkial dan Asma kardial. lantas apa yang membedakan antar keduanya, simak ulasanya sebagai berikut :

www.rumahealth.com
  1. Asma Bronkial pasien penderita Asma sangat sensitif dan aktif pada rangsangan luar, misal jika di contohkan seperti debu, bulu-bulu hewan, asap, dan yang lain yang dapat menyebabkan alergi. penyakit timbulnya secara mendadak sehingga penderita kadang merasakan asma secara tiba-tiba. jika penderita telat mendapatkan pertolongan pertama dapat berisiko mengakibatkan kematian. sebab penderita asma akibat adanya penyempitan pada bagian sistem pernfasan bagian bawah, sehingga dapat mengerutkan otot-otot polos yang berada pada saluran pernafasan, selain itu juga dapat terjadinya pembengkakan serta dapat terjadi penumpukan atau timbunan lendir yang berlebihan. pasien penderita asma di jauhkan dari bahan-bahan yang alergi terhadap pasien.
  2. Asma kardial ini beda dengan Asma bronkial penyebabnya di akibatkan adanya kelainan pada jantung. untuk gejala nya kadang asma ini terjadinya pada malam hari di saat sedang tidur, juga di sertai sesak nafas yang sangat hebat pada sang penderita. sehingga nafas pun sangat sulit.

Pad buku yang di tulis oleh ( sudoyu Aru ) menyebutkan bahwa menurut Mc Connel dan Holgante Asma dapat di klasifikasikan sebagai berikut :
  1. Asma Ekstrinsik : terjadinya pada anak-anak.
  2. Asma intirinsic : penyebabnya pada penderita alergen
  3. Asma yang berkaitan dengan penyakit paru-paru yang obstruktif sudah kronis.
Penyebab atau eteologi asma dari berbagai penelitian patologi atau etelogi masih belum menemukan penyebab terjadinya asma dalam artian belum di ketahui penyebabnya. namun dapat di buktikan dengan adanya gejala saja. seperti terjadinya inflamasi atau respon saluran napas yang berlebihan kalor, tumor, dolor, fungsi yang terganggu.

Pemicu timbulnya serangan dapat berupa infeksi bisa virus RSV, iklim, inhalan (debu, kapuk kasur, bulu hewan, bau asap dll ) dan lainya.

oleh sebab itu jika anda merasa adanya sesak dan gejala yang sama seperti tanda dan gejala di atas, silahkan segera cek pada dokter terdekat anda. terima kasih :)

Post a Comment for "Mengenal Asma dan Jenisnya "