Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Analisis Instrumen Uji Reliabilitas Alpha Cronbach's Menggunakan SPSS

Sebelumnya kami memberikan cara bagaimana melakukan uji validitas sebuah istrumen penelitian dari masing-masing pertanyaan. menggunakan SPSS. Setelah melakukan uji validitas Product Momen dengan SPSS, tahap selanjutnya adalah melakukan uji reliabelitas Alpha Cronbachs dengan tujuan angket yang digunakan nanti saat penelitian benar-benar dapat dipercaya sebagai alat pengumpulan data dan tingkat kepercayaan teruji.



Secara umum reliabilitas dapat diartikan sebagai sesuatu hal yang dapat dipercaya atau keadaan dapat dipercaya. Tapi dalam bentuk  statistik SPSS uji reliabilitas berfungsi untuk mengetahui tingkat kekonsistenan angket yang digunakan peneliti sehingga angket tersebut dapat dihandalkan dan dikatakan realibel. 


Salah satu cara melakukan uji realibilitas instrumen penelitian adalah menggunakan UJi reliabilitas Alpha Cronbachs dengan SPSS. Uji ini mengacu pada nilai Alpha yang dihasilkan dari output analisis SPSS. Sperti pada uji statistik lainya dimana berpedoman pada dasar pengambilan keputusan. Dasar pengambilan keputusan dalam uji ini adalah jika nilai alpha lebih besar dari r tabel maka item-item angket yang digunakan dinyatakan reliabel. namun sebaliknya jika nilai output lebih kecil dari r tabel maka tidak reliabel.


Berikut Langkah-Langkah Melakukan Uji reliabilitas Alpha Cronbach Sebagai berikut :

Persipakan data yang akan di uji dalam fromat excel untuk mempermudah anda. Dalam praktik ini kami memebrikan contoh partisipan mahasiswa dalam penelitian sebanyak 20 orang (N=20). dan terdapat item pertanyaan sebanyak 7 buah.



Buka Program SPSS dan Klink Variable View, dibagian pojok kiri bawah. Pada bagian Name tuliskan item_1 ke sampai item 7 ke bawah. karena jumlah item pertanyaan berjumlah 7 buah. Pada Decimal ubah ke 0.



Kemudian klik data View (dibagian Pojok Kiri) masukkan data angket excel yang sudah kita persiapkan sebelumnya. Copy paste saja.



Selanjutnya dari menu SPSS pilih Analyze, kemudian klik Scala, dan pilih Realibity Analyze.



Kemudian akan muncul kotak dialog baru dengan nama reliability analysis. masukkan semua variabel ke kotak. kemudian pilih Alpha.



Langkah Selanjutnya adalah klik statistics, pada descriptives for, centang scale if item deleted. selanjutnya continue, abaikan pilihan lainnya.


Terkhir klik Oke untuk mengkahiri perintah. maka akan muncul output hasil dari analisis SPSS anda. seperti gambar berikut. Selanjutnya tinggal anda interprestasikan saja.



dengan gambar di atas, diketahui bahwa Alpha sebesar 0,850. kemudian kita bandingkan nilai ini dengan nilai r tabel signifikasi 5%, diperoleh bahwa nilai r tabel sebesar 0,444.

kesimpulannya nilai Alpha 0,850 lebih besar dari r tabel 0,444. artinya item item pertanyaan tersebut dapat dikatakan reliabel atau terpecaya sebagai alat pengumpulan data atau penelitian.

Post a Comment for "Cara Mudah Analisis Instrumen Uji Reliabilitas Alpha Cronbach's Menggunakan SPSS"

Berlangganan via Email