Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Gondongan dan Penyebabnya

Mengenal penyakit gondongan, Gondongan adalah istilah awam di masyarakat sekitar sedangkan dalam istilah ilmu kesehatan di sebut dengan penyakit parotitis. Gondongan dapat di difiniskan suatu gejala penyakit menular yang terserang infeksi virus pada kelenjar ludah yang berposisi di antara  telinga dan rahang sehingga dapat menyebabkan pembengkakan pada leher bagian atas atau pipi bagian bawah. virus yang yang menyerang kelenjar ludah ini di sebut dengan Paramyxovirus. gejala yang tampak jika terserang virus ini berupa pembesaran atau pembengkakan pada kelenjar ludah terutama kelenjar parotis. kadang pada orang dewasa juga dapat menyeranag testis atau buah zakar , sistem saraf pusat, prostat, payudara dan organ lainnya.

www.rumahealth.com


Pada umumnya penyeranagn paramyxovirus sebagai agen penyebab gondongan ( terinfeksinya kelenjar parotis) atau di sebut parotitis, dapat di sebabkan adanya percikan ludah, kontak langsung dengan pasien penderita gondongan, muntahan, dan urin. virus paramyxovirus ini bisa masuk melalui hidung atau pun mulut. kadang kelenjar yang terkena virus ini adalah kelenjar parotis.

Penyebab timbulnya gejala gondongan


penyebabnya tak lain yaitu virus jenis paromyxovirus berupa virus meaales, virus newcatle disease dan parainfluenza. ukurannya tak besar dari jenis virus ini. virus ini di isolasi oleh dari ludah, darah, urin, otak dan jaringan terinfeksi lain. virus ini aktif dalam lingkungan yang kering tapi virus ini hanya dapat bertahan selaam 4 hari pada suhu kamar. virus ini juga dapat hancur pda suhuh < 4 derajat C.

Tanda gejala dari penderita gondongan ini dapat berupa demam, anoreksia, skit kepla dan kadang nyeri otot, bahkan asupan nutrisi akan menurun sebab adanya nyeri pada bagian kelenjar parotis yang membengkak. tanda gejala lain dapat terjadi gangguan menelan akibat bengkak tersebut.

Jika di uraikan secara detail tanda gejala dari pasien penderita gondongan sebagai berikut :

Pertama pada tahap awal 1-2 hari pasin mengalami nyeri, demam, suhu tubuh meningkat, pusing, nafsu makan menurun, makan saat mengunyah terasa nyeri dan di serati dengan kekakuan pada rahang.
Kedua tahap selnjutnnya akan terjadi pembengkakan salah satu sisi kelenjar.  kemudian kedua kelenjar mengalami pembengkakan. untuk pembengkakan kadang berlangsung selama 3 hari kemudian mengempis. 
Ketiga yang terakhir akan terjadi pemebngakan di bagian rahan atau submandibula dan kelenjar di bawah lidahatau sublingual. kadang pada pria dewasa adakalanya terjadi pembengkan pada bagian buah zakar sebab penyebaran melalui aliran darah pada tubuh.

Sudah jelas bahwa isilah gondongan merupakan gejala yang di sebabkan adanya infeksi virus yang bernama paromyxiovirus. oleh sebab itu jika dari sedang mengalaminya maka segera bawa ke dokter terdekat dan konsultasikan dengan baik agar penyakit gondongan yang sobat derita tidak semakin parah. 

Post a Comment for "Mengenal Gondongan dan Penyebabnya "