Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Hepatitis dan Jenis Penyebabnya

Hepatitis merupakan suatu peradangan pada hati yang terjadi sebab toksin misal : kimia atau obat tau agen penyakit infeksi. hepatitis merupakan keadaan radang atau cedra pada hati, sebgai reaksi virus , obat atau alkhohol. dalam defini lain juga di jelaskan hepatitis adalah peradangan pada hati atau liver yang dapat di sebabkan oleh virus. virus tersebut dinamakan dengan hepatotropik. virus hepatotropik ini bisa menyebabkan hepatitis jenis tipe A atau disingkat dengan HAV, dan juga bisa mengakibatakan Hepatitis B (HBV), Hepatitis C (HCV), Hepatitis D atau delta Hepatitis (HDV), Hepatitis E, hepatitis F dan G. ini merupakan jenis-jenis hepatitis. setiap jenis berbeda beda dalam segi penularan atau juga dalam segi gejala.

www.rumahealth.com


Penyebab Dari Hepatitis ? berdasarkan jenis-jenis hepatitis :

Pertama Heptitis A di sebab kan oleh HAV terdiri dari RNA berbentuk bulat tidak terselubung berukuran sekitar 27 nm, di tularkan melalui fekal oral,snitasi yang jelek, kontak antara manusia, di bawah oleh air dan makanan. masa inkubasinya sekitar 15-49 hari dengan rata-rata 30 hari, infeksi ini bisa terjadi pada lingkungan dengan higene dan sanitasi yang buruk sebab penduduk yang sangat padat.berbagijarum suntik, berhubungan seks dengan penderita, terutama seks anal, berhubungan seks sesama pria.

Kedua Hepatitis B merupakan virus yang bercangkang ganda yang kira-kira memilki ukuran 42 nm. hepatitis jenis B ini dapat di tularkan melalui parenteral atau lewat dengan karier atau penderita infeksi akut, kontak sesksual dan fokal oral. penularan perinatal dari ibu ke bayinya juga bisa menyebabkan jenis hepatitis B. sedangkan masa inkubasinya 26-160 hari dengan rata-rata 70-80 hari. virus ini juga juga bisa menular melalui hubungan seksual dengan penderita , pengunnaan jarum suntik yang tidak steril, melalui cairan juga bisa, darah atau sprema, asi, ludah cairan vagina juga bisa menularkan.

Ketiga Hepatitis C ialah virus RNA kecil tebungkus lemak uyang diameternya skeitar 30-60 nm. dapat di tularkan memalalui jalur parenteral dan juga kemungkinan melalui hubungan seks juga menular. virus hepatitis C ni dapat menyabakan infeksi kronis dan akut virus heptitis C tidak akan menular melalui air susu, makanan, bersentuhan sperti berpelukan dan bersalaman. yang paling umum cara penularan hepatitis C ini melalui jarum suntik. virus ini juga berkembang dalam darah, sebab itu jika kita akan tertular hepatitis ini bila kita terjadi kontak dengan darah penderita. sedangkan mas inkubasinya 15-60 hari namun rata-rata 50 hari.

Keempat Hepatitis D merupakan  virus yang berukuran kira kira 35 nm. sedangkan untuk penularanya memalalui serum dan dapat menyarang orang yang memilki kebiasaan memakai obat terlarang dan penderita hemovillia. sedangkan untuk masa inkubasi dari jenis virus ini antara 21-140 hari dengan rata -rata 35 hari. 

Kelima Hepatitis E yaitu merupakan virus RNA yang diameternya +32-36 nm. penularanya virus ini dapat melalui jalur fekal oral, kontk antara manusia meskipun resikonya rendah, sedangkan massa inkubasinya anatara 15 -65 hari dengan rata 45 hari.

Tanda Gejala Hepatitis ini dapat di bagi berdasarkan stadium :

  1. Stadium praicterik yang berlangsung 4-7 hari. penderita juga dapat mengeluh sakit kepala, badan lemas, anoreksia, munta, demam, nyeri ototo dan nyeri di perut bagian kanan atas, sedangkan untuk urin atau kencing menjadi lebih berwarna coklat.
  2. stadium icterik dpaat berlangsung 3-6 minggu. icterus tibab-tiba terlihat pada sklera kemudia pada kulit semau tubuh. keluhan sedikit namun pasien tampak lemah, anoreksia, dan muntah sedangkan untuk tija berwarna kelabu bahkan kadang kuning muda, hati atau liver membesar.
  3. stadium pasca ikterik. ikterus mereda, warna urin da tinja menjadi normal kembali. sedangkan penyebyan pada anaka-nak menjadi lebih cepat dari pada orang yang lebih dewasa sebab faktor yang kemungkinan berbeda.


Sekian sekilas tentang Mengenal Hepatitis dan Jenis Penyebabnya semoga web klinik kesehatan ini bermanfaat untuk sobat.

Post a Comment for "Mengenal Hepatitis dan Jenis Penyebabnya "