Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Jerawat dan Faktor Penyebabnya

Akne Vulgaris atau lebih di kenal dengan istilah Jerawat. Jerawat merupakan kelainan folikuler umum yang mengenai folikel rambut yang rentan dan paling sering di temukan pada daerah wajah, leher, dan kadang bagaian tubuh atas. jerawat atau kane di tandai dengan komedo yang tertutup, komedo terbuka, papula, nodul, kista, dan pustula.


www.rumahealth.com


jerawat merupakan suatu proses peradangan kronik kelenjar-kelenjar pilosebasea. penyakit ini sering di alami oleh mereka yang berusia remaja dan dewasa muda dimana akan menghilang dengan sendirinya pada usia 20-30 tahun. namun masih banyak juga orang-orang setengah baya yang mengalami serangan jerawat. jerawat biasanya berkaitan dengan tingginya sekresi sebum.

androgen telah di ketahui sebagai perangsang sekresi sebum, sedangkan estrogen mengurangi prosuksi sebum. suatu awitan mendadak serangan jerawat yang di sertai hirsutisme dan atau kelainan pada seroang wanita menstruasi mungkin juga menunjukan adanya ganggaun endrokin pada pasien wanita. jerawat pada wanita yang berusia 20 an, 30 an, 40 tahunan sering kali menag di sebabkan oleh kosmetik dan pelembap yang bahan dasarnya dari minyak sehingga menimbulkan komedo.

faktor mekanik seperti mengusap, tekana friksi, dapat juga memicu timbulnya jerawat. obat-obatan juga dapat menimbulkan jerawat. seperti jenis obat krtikostiroid oral kronik yang di gunakan untuk mengobati penyakit lain misal lupus eritematosus sistemik atau transplasi ginjal dapat juga menimbulkan pustula di permukaan kulit muka, serta punggung. kontrasepsi oral biasanya juga dapat membantu pengobatan jerawat karna mengandung estrogen. namun pada beberapa orang wanita kontrasepsi oral jusru dapat memperburuk keadaan. 

jerawat merupakan penyakit yang umum dan dapat terjadi pada semua usia. namun sperti yang di jelaskan di atas jerawat lebih sering menyarang pada remaja yang sedang dalam mas pubertas. meskipun begitu jerawat juga dapatt menyerang orang dewasa. 

Penyebab Utama Timbulnya Jerawat ?
  1. produksi minyak
  2. sel kulit yang mati
  3. pori-pori yang tersumbat,
  4. bakteri.


normalnya kelenjar minyak sobat mengeluarkan minyak untuk melumaskan wajah dan rambut sobat. saat produksi minyak berlebihan folikel sobat terisi dengan kulit mati dan minyak tersebut dapat menyabakan pori-pori tersumbat. jika sumbatan itu terinfeksi sebab bakteri maka bisa terajdi peradangan atau imflamsi dan pada kahirnya terbentukalah jerawat.

Ada bebarap faktor resiko yang memicu timbulnya jerawat :

  1. Hormon  : Mengapa Hormon Bisa menjadi faktor pemicu timbulnya jerawat ? Seba kadar hormon seksual yang di kenal dengan androgen meningkat saat pubertas atau masa proses remaja.  sehingga menyebabkan produksi minyak atau sebum yang berlebihan,
  2. Beberapa obat juga dapat memicu timbulnya jerawat sperti yang elah di jleaskan di atas,
  3. riwayat keluarga atau faktor genetik, jika keluarga atau ayah atau ibu anda terkena jerawat bisa saja sobat berisko terkena jerawat,
  4. produk yang mengandung minyak, mislanya anda mengunakan krim yang bahan dasarnya juga mengandung minyak,
  5. stres juga dapat meyebabkan jerawat timbul pada sobat, oleh sebab itu jika sobat mengalami jerawat maka hindarilah stres sebab bisa semakin memperparah jerawat sobat.


Jika dari sobat sedang terkena jerawat bisa saja faktor-faktor di atas pemicu timbulnya jerawat sobat, namun setelah  saya mengenalkan pada sobat tentang Jerawat dan Faktor Penyebabnya  saya kan memberikan cara atau planning pengobatan untuk sobat silahkan di baca " Planning Dan Pencegahan Jerawat" .

Post a Comment for "Mengenal Jerawat dan Faktor Penyebabnya "