Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Obat Akan Manjur Jika Memenuhi Syarat Berikut - Versi Kitab Thibbun Nabawi

Rumahealth.com - Thibbun Nabawi adalah satu kitab kuning yang menjelaskan tentang metode pengobatan yang bersumber dari rasulullah, melalui dalil dalil syar'i yaitu Al qur'an dan sunnah, dimana mencangkup metode yang bersifat preventif dan kuratif.

www.rumahealth.com


Thibbun Nabawi tidak hanya menjelaskan berupa metode atau tehnik bahan yang digunakan, akan tetapi juga merupakan sebuah konsep kompleks yang juga mencangkup diagnosis, indikasi, dosis, kontraindikasi bahkan sebagainya. hal ini diperlukan agar thibbun nabawi menjadi metode pengobatan yang manjur, sesuai hadist rasulullah :


حَدَّثَنَا هَارُونُ بْنُ مَعْرُوفٍ وَأَبُو الطَّاهِرِ وَأَحْمَدُ بْنُ عِيسَى قَالُوا حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي عَمْرٌو وَهُوَ ابْنُ الْحَارِثِ عَنْ عَبْدِ رَبِّهِ بْنِ سَعِيدٍ عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ عَنْ جَابِرٍ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ لِكُلِّ دَاءٍ دَوَاءٌ فَإِذَا أُصِيبَ دَوَاءُ الدَّاءِ بَرَأَ بِإِذْنِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ

"Untuk setiap penyakit, ada obatnya. jika obat itu sesuai dengan penyakitnya, penyakit tersebut akan sembuh dengan seizin allah azza wa jalla " HR. Muslim"

Dalam proses penyembuhan atau pengobatan agar obat itu akan manjur, jika dipenuhi beberapa syarat berikut :

  1. Ketepatan dalam memilih obat dimana sesuai dengan jenis penyakit yang sudah ditetapkan diagnosis nya,
  2. Ketepatan menentukan dosis obat.
  3. Ketepatan cara penggunaan obat,
  4. Ketepatan waktu pengobatan,
  5. Tidak terdapat kontraindikasi dalam penggunaan tersebut bagi pasien tertentu
  6. Tidak terdapat penghalang yang dapat menghambat proses kerja obat.


Beberapa syarat tersebut sesuai dengan prinsip pemberian obat yang biasa dilakukan oleh tenaga kesehatan atau dokter. hukum sebab akibat tidak dapat di nafikan dalam pengobatan nabi, termasuk beberapa cabang ilmu yang mendukung agar pengobatan dapat memberikan efek terapetik yang diharapakan atau diinginkan.

Post a Comment for "Obat Akan Manjur Jika Memenuhi Syarat Berikut - Versi Kitab Thibbun Nabawi "