Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu SEM-PLS (Structural Equation Modeling-Partial Least Square) ?

Apa itu SEM-PLS (Structural Equation Modeling-Partial Least Square) ? 

SEM (Structural Equation Model) merupakan salah satu bidang kajian statistik yang dapat menguji rangkaian hubungan yang biasanya sulit untuk diukur secara bersamaan. 

 

Ilustrasi Analisis PLS-SEM pengembangan model social support berbasis health belief model (HBM) terhadap niat dan kesiapan masyarakat dalam menerima vaksin booster COVID-19


SEM adalah teknik multivariate analysis yang menggabungkan antara analisis faktor dan analisis regresi (korelasi), dengan tujuan untuk menguji hubungan antar variabel yang ada pada sebuah model, baik itu antar indikator dengan konstruksnya maupun hubungan antar konstruk. 

PLS merupakan metode alternatif analisis dengan Structural Equation Modeling (SEM) yang berbasis Variance. Kelebihannya ialah tidak memerlukan asumsi serta dapat diestimasi dengan jumlah sampel yang relatif kecil.

PLS (Partial Least Square) merupakan model persamaan struktural SEM yang berbasis komponen atau varian. PLS merupakan pendekatan alternatif yang bergeser dari pendekatan SEM yang berbasis kovarian menjadi berbasis varian.  



SEM yang berbasis kovarian umumnya menguji kausalitas atau teori sedangkan PLS lebih mengarah kepada predictive model. Namun ada perbedaan diantara covariance based SEM dan component based PLS yaitu dalam penggunaan model persamaan struktural untuk menguji teori atau pengembangan teori yang bertujuan untuk melakukan prediksi.

PLS adalah model persaman struktural (SEM) yang berbasis komponen atau varian. Structural Equation Model (SEM) adalah salah satu bidang kajian statistik yang dapat menguji sebuah rangkaian hubungan yang relatif sulit terukur secara bersamaan.


Gambar 2 Ilustrasi Model


Rekomendasi penggunaan SEM-PLS : 

  1. Ketika analisis berkaitan dengan pengujian theoretical framework dari prediction perspective.
  2. Ketika structural model bersifat kompleks dan mencakup banyak konstruksi, indikator dan/atau model relationships.
  3. Ketika tujuan penelitian adalah untuk lebih memahami peningkatan kompleksitas dengan mengeksplorasi theoretical extensions dari teori-teori yang sudah ada.
  4. Ketika path model mencakup satu atau lebih konstruksi yang diukur secara formatif. 
  5. Ketika penelitian terdiri dari financial ratio atau jenis data yang serupa. 

 

Contoh Model Lain


Referensi :

Hair, J.F., Hult, G.T.M., Ringle, C.M., Sarstedt, M., Danks, N.P., Ray, S. (2021). An Introduction to Structural Equation Modeling. In: Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R. Classroom Companion: Business. Springer, Cham :https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-030-80519-7_1#Fig1 : https://doi.org/10.1007/978-3-030-80519-7_1

Post a Comment for "Apa itu SEM-PLS (Structural Equation Modeling-Partial Least Square) ? "